Rabu, 25 September 2024

Kamis, 23 September 2024 (Materi P5 Kelas II A dan II B)

 

Hari/Tgl            : Kamis, 23 September 2024
Kelas                 : II A dan II B
Tema                 : Bhineka Tunggal Ika
Topik                 : Merancang konsep penampilan
Dimensi             : Kreatif
TP                      : Peserta didik mampu merangcang konsep penampilan tarian daerah
ATP                    : Merangcang konsep penampilan tarian daerah dengan baik
                                                                             
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan kali ini silahkan perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini: 

Kegiatan Awal

1.      Membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok (Fleksibel)

2.      Menentukan tarian tradisional

3.      Menentukan lagu daerah pilihan

Kegiatan Inti

1. Pendidik membagi peserta didik menjadi 2 kelompok dalam 1 kelas, yaitu Grup Tari dan Grup Lagu Daerah (Fleksibel)

2. Tiap kelompok diperkenankan untuk mengobservasi tampilan lagu daerah dan tarian tradisional dari youtube yang akan dipilih sebagai contoh.

3. Sesi tanya jawab. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai temuannya.

4. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

5. Pendidik menentukan pilihan peserta didik. 

Penutup

Pendidik  memberikan penguatan untuk pemilihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.


Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Refleksi :

Berdasarkan hasil pembelajaran P5 pada hari Kamis, 26 September 2024 mengenai praktik menari dan paduan suara terkait tarian dan lagu tradisional berjalan dengan baik dan lancar, alhamdulillah seluruh peserta didik sudah mampu melaksanakan praktik menari dan menyanyi tersebut dengan baik. Pada daat proses berlatih, semua peserta didik sudah mampu memunculkan kreatifitasnya dalam berbagai gerakan yang diajarkan oleh pendidik sehingga penampilannya sudah jauh lebih indah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design