Hari/Tgl : Kamis, 12 September 2024
Kelas : I A, I B dan I C
Tema : Bhineka Tunggal Ika
Topik : Membuat Poster Bhineka Tunggal Ika
Dimensi : Kreatif
TP : Peserta didik mampu membuat poster Bhineka Tunggal Ika
ATP : Membuat poster Bhineka Tunggal Ika dengan baik
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...
الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ
Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini:
Persiapan :
1. Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang menghargai keberagaman (suku, agama, dan hobi)
2. Pendidik menyiapkan karton putih, stiker dan hiasan untuk poster
Pelaksanaan :
1. Pendidik mengajak peserta didik mengingat berbagai keragaman yang ada di Indonesia
2. Pendidik memberikan pertanyaan:
a. Apa saja keberagaman yang terdapat pada teman-teman di kelasmu?
b. Apa saja ciri-ciri yang membedakan kalian dengan teman di kelasmu?
3. Peserta didik menyaksikan video animasi “Berbeda itu Indah” https://www.youtube.com/watch?v=rrXFLeLSgLk https://www.youtube.com/watch?v=Ndud9fmGXWE
4. Tabya jawab mengenai keberagaman dalam perbedaan yang ada dalam video tersebut
5. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi bersama temannya didalam kelompok
6. Peserta didik diminta untuk berdiskusi mengenai perbedaan yang ada pada teman sekelom
7. Setelah selesai berdiskusi, peserta didik diminta untuk mnggambar poster mengenai ragam budaya seperti poster yang sudah disediakan oleh pendidik.
Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ
Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
0 komentar:
Posting Komentar