Hari/Tgl : Kamis, 19 September 2024
Kelas : I A, I B dan I C
Tema : Bhineka Tunggal Ika
Topik : Merancang design mahkota siger dan kopiah emas dari kardus
Dimensi : Kreatif
TP : Peserta didik mampu membuat poster Bhineka Tunggal Ika
ATP : Membuat poster Bhineka Tunggal Ika dengan baik
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...
الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ
Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini:
Persiapan:
1. Pendidik
menyiapkan gambar mahkota siger dan kopiah emas
Pelaksanaan:
1. Pendidik menampilkan gambar mahkota siger
dan kopiah lampung
2. Pendidik menampilkan cara membuat mahkota siger dari bahan kardus: https://www.youtube.com/watch?v=q-8tMZKBgrA
3. Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai
cara membuat mahkota siger.
4. Bersama
Pendidik, peserta didik mencoba membuat design atau sketsa mahkota siger dan
kopiah emas Lampung seperti yang ada pada video.
5. Pendidik
memberikan potongan puzzle kepada peserta didik untuk disatukan menjadi gambar
“Baju Adat Lampung”
Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ
Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
0 komentar:
Posting Komentar