الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ
Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
1.
Pendidik menyiapkan
narasumber yang merupakan pendidik Bahasa Lampung di sekolah
2.
Pendidik menyiapkan Mahkota siger asli
Pelaksanaan :
1. Pendidik mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu daerah lampung
2. Pendidik mereview kembali materi tentang mahkota siger lampung
3. Pendidik memberikan pertanyaan:
a.
Apakah nama dari mahkota adat Lampung?
b.
Apa makna dari mahkota siger?
4. Pendidik memperkenalkan narasumber dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini
5. Narasumber memebrikan penjelasan terkait mahkota siger dan mengenalkan mahkota siger dalam wujud asli kepada peserta didik
Peserta didik mencoba melihat dan memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang telah disampaikan narasumber
6. Tanya jawab mengenai mahkota adat Lampung
7. Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok bisa 4 – 5 anak
8. Peserta didik mencoba berinteraksi langsung dengan mahkota siger yang dibawa dan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait mahkota kepada narasumber
9. Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba memberikan kesimpulan dari penjelasan narasumber
10. Setelah dirasa sudah cukup memahami materi, pendidik membagikan lembar aktivitas untuk digunakan bercerita tetntnag “mahkota adat Lampung”
11. Secara bergiliran peserta didik bersama kelompoknya menampilkan cerita dari “mahkota adat Lampung
12. Tanya jawab mengenai hasil cerita yang dipresentasikan
13. Peserta didik mendengar penjelasan pendidik mengenai pesan moral dan kegaitan di jumat depan.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ
Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Refleksi :
Berdasarkan hasil pembelajaran hari Kamis, 29 Agustus 2024 dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami aksesoris adat Lampung, sebagaimana peserta didik sudah melihat secara nyata bentuk aksesoris adat Lampung secara lengkap yang telah didemonstrasikan oleh narasumber yaitu Guru Bahasa Lampung. Peserta didik sudah memahami penjelasan mengenai materi yang disampaikan, diantaranya mengenai Siger, Gelang Kano, Kalung Papan Jajar, Kain Tapis, dsb. Alhamdulillah pada saat prosesi tanya jawab, peserta didik sudah mampu menjawab pertanyaan dari narasumber dengan baik dan benar.
Dokumentasi :
0 komentar:
Posting Komentar