Rabu, 28 Agustus 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 (Materi P5 Kelas I A, I B dan I C)

   

Hari/Tgl            : Kamis, 29 Agustus 2024
Kelas                 : I A, I B dan I C
Tema                 : Bhineka Tunggal Ika
Topik                 : Mempresentasikan mahkota siger Lampung dalam wujud asli 
Dimensi             : Berkebhinekaan Global
TP                      : Peserta didik mampu mengetahui bentuk siger Lampung dalam wujud asli
ATP                    : Memahami bentuk siger Lampung dalam wujud asli
                                                                              
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini: 

Persiapan :

1.       Pendidik menyiapkan narasumber yang merupakan pendidik Bahasa Lampung di sekolah

2.       Pendidik menyiapkan Mahkota siger asli

 

Pelaksanaan :

1. Pendidik mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu daerah lampung

2. Pendidik mereview kembali materi tentang mahkota siger lampung

       3. Pendidik memberikan pertanyaan:

a.          Apakah nama dari mahkota adat Lampung?

b.          Apa makna dari mahkota siger?

        4. Pendidik memperkenalkan narasumber dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini

        5. Narasumber memebrikan penjelasan terkait mahkota siger dan mengenalkan mahkota siger dalam wujud asli kepada peserta didik

        Peserta didik mencoba melihat dan memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang telah  disampaikan narasumber

        6. Tanya jawab mengenai mahkota adat Lampung

7. Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok bisa 4 5 anak

8. Peserta didik mencoba berinteraksi langsung dengan mahkota siger yang dibawa dan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait mahkota kepada narasumber

9. Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba memberikan kesimpulan dari penjelasan narasumber

10. Setelah dirasa sudah cukup memahami materi, pendidik membagikan lembar aktivitas untuk digunakan    bercerita tetntnag “mahkota adat Lampung”

11. Secara bergiliran peserta didik bersama kelompoknya menampilkan cerita dari “mahkota adat Lampung

12. Tanya jawab mengenai hasil cerita yang dipresentasikan

13. Peserta didik mendengar penjelasan pendidik mengenai pesan moral dan kegaitan di jumat depan.



Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Refleksi :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari Kamis, 29 Agustus 2024 dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami aksesoris adat Lampung, sebagaimana peserta didik sudah melihat secara nyata bentuk aksesoris adat Lampung secara lengkap yang telah didemonstrasikan oleh narasumber yaitu Guru Bahasa Lampung. Peserta didik sudah memahami penjelasan mengenai materi yang disampaikan, diantaranya mengenai Siger, Gelang Kano, Kalung Papan Jajar, Kain Tapis, dsb. Alhamdulillah pada saat prosesi tanya jawab, peserta didik sudah mampu menjawab pertanyaan dari narasumber dengan baik dan benar. 

Dokumentasi :



0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design