Rabu, 21 Agustus 2024

Kamis, 22 Agustus 2024 (Materi P5 Kelas I A, I B dan I C)

  

Hari/Tgl            : Kamis, 22 Agustus 2024
Kelas                 : I A, I B dan I C
Tema                 : Bhineka Tunggal Ika
Topik                 : Proses pembuatan siger Lampung
Dimensi             : Berkebhinekaan Global
TP                      : Peserta didik mampu mengetahui proses pembuatan siger Lampung
ATP                    : Mengetahui proses pembuatan siger Lampung
                                                                              
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini: 

Persiapan :

1.       Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang proses pembuatan siger

2.       Pendidik menyiapkan karton untuk membuat contoh siger


Pelaksanaan :

1. Pendidik menampilkan Video pembelajaran pembuatan mahkota siger (https://youtu.be/nu4AnioUH-I?si=IIIqncDKlh1F3m-N )

2. Pendidik memberikan pertanyaan:

a. Bahan apa saja yang biasa digunakan untuk membuat siger?

b. Bagamaian langkah-langkah membuat siger?

c. Apakah menurutmu pembuatan siger Lampung perlu dilestarikan?

          3. Pendidik mengajak peserta didik untuk melakukan permainan LCT terkait materi atau isi dari video yang ditayangkan

          4. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok setiap kelompok diberi potongan karton. Lalu tiap kelompok diminta untuk membuat contoh siger berdasarkan langkah-langkah yang ada di dalam video

          5. Peserta didik diberi kesempatan tiap kelompok untuk memberikan nilai yerhadap hasil dari kelompok lainnya

          6. Peserta didik bersama kelompoknya diberi tugas untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan pendidik


Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Refleksi :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari Kamis, 22 Agustus 2024 dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat sketsa mahkota siger Lampung yang telah didemonstrasikan oleh pendidik dengan baik, meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu membuat sketsa tersebut dengan bentuk yang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan terus melatih kemampuan peserta didik dengan sebaik mungkin dengan menyiapkan beberapa gambar untuk dijadikan contoh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design