Rabu, 21 Agustus 2024

Kamis, 22 Agustus 2024 (Materi P5 Kelas II A dan II B)

    

Hari/Tgl            : Kamis, 22 Agustus 2024
Kelas                 : II A dan II B
Tema                 : Bhineka Tunggal Ika
Topik                 : Mengetahui Sejarah Tarian Tradisional yang ada di Indonesia
Dimensi             : Berkebhinekaan Global 
TP                      : Peserta didik mampu mengetahui Sejarah Tarian Tradisional yang ada di Indonesia
ATP                    : Mengetahui Sejarah Tarian Tradisional yang ada di Indonesia
                                                                             
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Pengenalan Makna P5" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan kali ini silahkan perhatikan langkah pelaksanaan berikut ini: 

Kegiatan Awal

1.      Menentukan Sejarah tarian tradisional yang akan ditamplkan

2.      Menyiapkan materi ajar mengenai tayangan video Sejarah tarian tradisional

Tarian Tradisional Lampung https://youtu.be/TAa-SZHp7gI?feature=shared

Tarian Tradisional Sumatera Barat https://youtu.be/As5r4VxqEGQ?feature=shared

Tarian Tradisional Jawa Timur https://youtu.be/no1xmv-9bIU?feature=shared

Tarian Tradisional Bali https://youtu.be/4lkGZrjKM9E?feature=shared

Tarian Tradisional Sumatera Selatan https://youtu.be/fX0x7-azwpA?feature=shared

Tarian Tradisional Sumatera Utara https://youtu.be/MOR9bo51uXU?feature=shared 

Kegiatan Inti

1. Peserta didik dikondisikan duduk dengan rapi dan tertib selama mengikuti kegiatan penyampaian materi oleh narasumber (Menyesuaikan) tentang sejarah keberagaman Tarian tradisional yang ada di Indonesia.

2. Peserta didik diperintahkan untuk menyaksikan tayangan video mengenai sejarah tarian daerah.

3. Sesi tanya jawab. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya mengenai tayangan video tersebut.

4. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

5. Peserta didik diperintahkan untuk menulis informasi yang ia dapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

6. Pendidik memberikan umpan balik setelah kegiatan penyampaian materi.

Penutup

Pendidik memberikan gambaran untuk kegiatan pada pertemuan yang akan datang, mengenai persiapan untuk menonton tarian daerah.




Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Refleksi :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari Kamis, 22 Agustus 2024 dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengenal sejarah tarian-tarian tradisional yang ada di Indonesia dengan baik, meskipun masih ada beberapa peserta didik yang tertinggal materi hari ini, dimana terdapat 1 orang yang tidak hadir di kelas 2.A dan terdapat 2 orang di kelas 2.B dikarenakan sakit. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan mengulang kembali materi pada hari ini secara singkat pada pertemuan selanjutnya jika peserta didik yang tidak hadir sudah masuk pada hari berikutnya. 

Dokumentasi :






0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design