Kamis, 31 Agustus 2023

Materi P5 Kelas I A

  


  

Hari/Tgl            : Jum'at, 1 September 2023
Kelas                 : I A
Tema                 : P5 (Cerdik Kelola Sampah)
Topik                 : Pertunjukkan benda daur ulang dan sesi tanya jawab  
Dimensi             : Kewirausahaan 
TP                      : Peserta didik mampu melakukan kegiatan tanya jawab sesama siswa
ATP                    : Memahami dan menjawab pertanyaan teman                                                
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Kunjungan Narasumber Bank Sampah mengenai Konsep 3R 

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan materi "Cerdik Kelola Sampak Plastik" dan menggunakan penilaian dari elemen Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan pertama kita akan membahas Sosialisasi proyek mengenai petani pisang. Silahkan anak-anak simak dan amati gambar dan tayangan video berikut ini: 



Apa Itu Reduce, Reuse, Recycle (3R)?
Reduce, reuse, recycle (3R) adalah konsep urutan langkah untuk mengelola sampah dengan baik, Kids.
Reduce 
Reduce berarti 'mengurangi sampah'. Maksudnya, langkah ini mengajak kita untuk mengurangi penggunaan produk yang nantinya akan menjadi sampah. Terutama produk yang membutuhkan waktu sangat lama untuk bisa terurai secara alami di alam, misalnya produk berbahan plastik.
Jadi, penggunaan barang yang sulit atau bahkan enggak bisa didaur ulang kembali sebaiknya dikurangi.
Dengan begitu timbunan sampah yang berpotensi merusak lingkungan akan berkurang.
Contohnya adalah dengan membawa botol minum atau peralatan makan sendiri seperti sendok dan garpu saat bepergian sehingga bisa mengurangi sampah botol dan alat makan sekali pakai.
Reuse
Reuse berarti 'menggunakan kembali'. Langkah ini mengajak kita untuk menggunakan kembali produk yang sudah dipakai.
Dengan begitu, enggak banyak sampah ditimbulkan akibat produk-produk sekali pakai, Kids.
Misalnya, kita menggunakan kembali bekas botol kemasan air minum sebagai pot tanaman.
Atau kita gunakan bekas kaleng biskuit untuk menyimpan uang koin atau pernak-pernik lainnya.
Kita juga bisa mengisi ulang botol bekas sabun mandi dengan membeli kemasan refill.
Recycle
Recycle berarti 'mendaur ulang'. Langkah ini bisa disebut sebagai langkah memberikan kesempatan kedua untuk berbagai produk bekas agar bisa menjadi produk baru.
Dengan demikian, produk baru dari hasil daur ulang tersebut bisa dimanfaatkan kembali dan enggak hanya menjadi tumpukan sampah yang mencemari lingkungan.
Produk yang didaur ulang biasanya adalah limbah dengan bahan yang enggak bisa langsung digunakan lagi.
Contohnya adalah mendaur ulang plastik bekas kemasan makanan atau minuman.
Biasanya kemasan makanan atau minuman didesain hanya untuk sekali pakai, makanya ga mungkin dimanfaatkan kembali dengan fungsi yang sama.
Maka, produk bekas tersebut harus didaur ulang kembali menjadi produk baru, misalnya menjadi pot tanaman.

Setelah mengamati video diatas, silahkan anak-anak kerjakan Lembar Kerja Peserta Didik yang telah di bagikan oleh pendidik. Jika sudah selesai silahkan lakukan sesi tanya jawab antar teman!

Pernyataan

Responku (lingkari ya)

Aku memahami dampak sampah plastik



😀



😀

Aku paham tentang cara 3R sebagai solusi sampah plastik

😕

😕

Hal yang ingin aku ketahui: ..........

Gambarkan yang kamu ketahui tentang pelajaran kita mengenai sampah plastik ini.

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design