Minggu, 12 Mei 2024

Materi PAI Kelas I B dan I C

               

Hari/Tgl            : Senin, 13 Mei 2024
Kelas                 : I B dan I C
Tema                 : Nabi Adam a.s Manusia Pertama
Topik                 : Kisah Penciptaan Nabi Adam as. serta Keteladanan Nabi Adam as. 
Elemen/CP        : Sejarah Islam
TP                      : Peserta didik mampu mengerjakan latihan soal pada Modul PAI
ATP                    : Mengerjakan latihan soal pada Modul PAI dengan baik dan benar
                           
                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan melanjutkan materi Pendidikan Agama Islam yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya, maka dari itu kita simak ulang materi minggu lalu yaitu:

Kisah Nabi Adam as. sebagai Manusia Pertama di Bumi

   Sebelum memulai ke dalam materi pembelajaran, silahkan anak-anak terlebih dahulu perhatikan video di bawah tentang materi kita pada hari ini


A. Allah menciptakan Nabi Adam as.
    Malaikat, iblis, dan manusia diciptakan oleh Allah Swt. Manusia pertama yang diciptakan adalah Nabi Adam a.s. Nabi Adam a.s. diciptakan dari tanah. Manusia diciptakan dalam bentuk yang sempurna. Malaikat dan iblis diperintah oleh Allah Swt. Malaikat mau menghormati Nabi Adam a.s., tetapi iblis tidak mau. Iblis dimurkai Allah Swt., lalu dikeluarkan dari surga. Iblis bersumpah akan menggoda manusia untuk berbuat keburukan.

B. Nabi Adam as. dan Hawa tinggal di Syurga
    Syurga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan. Allah Swt. menciptakan pendamping Nabi Adam a.s. yang bernama Hawa. Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam a.s. Mereka hidup bahagia di surga. Apa pun yang mereka inginkan dikabulkan oleh Allah Swt. Akan tetapi, Allah Swt. melarang mereka mendekati pohon buah khuldi. Iblis menggoda Adam a.s. dan Hawa agar memakan buah khuldi tersebut. Akhirnya mereka tergoda rayuan iblis untuk memakan buah khuldi. Adam a.s. dan Hawa menyadari kesalahan mereka. Mereka memohon ampun kepada Allah Swt.

C. Nabi Adam as. dan Hawa diturunkan ke Bumi
        Akibat kesalahan mereka, Allah Swt. menurunkan Nabi Adam a.s. dan Hawa ke bumi. Nabi Adam a.s. diturunkan di bumi sebelah timur. Hawa diturunkan di bumi sebelah barat. Mereka senantiasa bersabar menjalani hukuman. Mereka berpisah selama 40 tahun.
Setelah 40 tahun berpisah, akhirnya mereka dipertemukan kembali di Jabal Rahmah (Gunung kasih sayang). Nabi Adam a.s. dan Hawa hidup berdua di bumi. Mereka harus mencari makan sendiri. Mereka bercocok tanam untuk bertahan hidup. Hingga akhirnya, Allah Swt. menganugerahi mereka keturunan. 

D. Keteladanan Nabi Adam as.
        Nabi Adam a.s. dan Hawa menyadari kesalahannya. Mereka memohon ampunan kepada Allah Swt. Mereka berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Maka dari itu kita harus mencontoh perilaku Nabi Adam a.s. dan Hawa. Mereka berpisah selama 40 tahun. Akan tetapi mereka tetap menerimanya dengan sabar dan ikhlas. Semua dijalani karena mereka taat terhadap perintah Allah Swt. Oleh karena itu kita juga harus belajar sabar dan ikhlas jika suatu saat harus berpisah dengan orang tersayang. Karena suatu saat kita pasti akan dipertemukan kembali.

Kisah Nabi Adam as dan Siti Hawa



TUGAS :
Silahkan kerjakan latihan soal yang terdapat pada akhir BAB Kisah Nabi Adam as. yang terdapat dalam Modul PAI (Hlm. 53-55 Bagian A dan B saja)
Keterangan : Kumpulkan hasil kerja kalian ketika ada jam pelajaran PAI di sekolah

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua... Aamiin Yaa Robbal'alamiin.  Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

5 komentar:

  1. Assalamualaikum Clara Nathania Donesta 1c hadir

    BalasHapus
  2. Assalaamualaikum... Ibrahim Goenawan Al Bajuri kelas 1C hadir bu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Almeera Qaeerin Mistiono
    1c
    Al Azhar 2
    Hadir

    BalasHapus

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design