Rabu, 01 Mei 2024

Materi P5 Kelas I A, I B, dan I C

     


  

Hari/Tgl            : Kamis, 02 Mei 2024
Kelas                 : I A, I B, dan I C
Tema                 : P5 (Bahagia Menjadi Diri Sendiri)
Topik                 : Warna Kesukaanku
Dimensi             : Bhineka Tunggal Ika 
TP                      : Peserta didik mampu mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri
ATP                    : Mengenal diri sendiri dengan menggambar wajah masing-masing peserta didik                                                
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Warna Kesukaanku

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Bahagia Menjadi Diri Sendiri" dan menggunakan penilaian dari elemen Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. 

Alat dan bahan : Kertas HVS dengan gambar orang, Alat tulis/warna

Tujuan : Peserta didik mulai mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri

Persiapan

1.      Peserta didik diminta untuk membawa alat dan bahan yang diperlukan ke sekolah

2.      Peserta didik diarahkan ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan

 

Pelaksanaan

1.      Peserta didik memilih warna yang mereka mau gunakan

2.      Peserta didik mulai mengikat kaos mereka sesuai kebutuhan motif

3.      Peserta didik memberikan warna pada baju mereka

4.      Peserta didik mengeringkan baju mereka di bawah terik matahari

5.      Setelah kering, Peserta didik menunjukkan hasil akhir baju mereka

6.      Aktivitas bisa ditutup anak saling mencoba baju mereka

 

Refleksi oleh pendidik

1.      Ada berapa banyak warna yang digunakan pada tiap baju mereka?

2.      Apa jadinya kalau hanya diperbolehkan menggunakan satu warna yang ditentukan guru? Apakah masih bahagia?

3.      Perpaduan warna apakah yang menurutmu paling cantik?

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design