Hari/Tgl : Kamis, 02 Mei 2024 Kelas : I A, I B, dan I C Tema : P5 (Bahagia Menjadi Diri Sendiri) Topik : Warna Kesukaanku Dimensi : Bhineka Tunggal Ika TP : Peserta didik mampu mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri ATP : Mengenal diri sendiri dengan menggambar wajah masing-masing peserta didik Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Tabiik Puunnn... الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu: Warna Kesukaanku Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu: 1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia 2. Berkebhinekaan global 3. Bergotong royong 4. Kreatif 5. Bernalar kritis 6. Mandiri Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah: 1. Gaya hidup berkelanjutan 2. Kearifan Lokal 3. Bhineka Tunggal Ika 4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI 5. Kewirausahaan Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Bahagia Menjadi Diri Sendiri" dan menggunakan penilaian dari elemen Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Alat dan bahan : Kertas HVS dengan gambar orang, Alat tulis/warna Tujuan : Peserta didik mulai mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri Persiapan 1. Peserta didik
diminta untuk membawa alat dan bahan yang diperlukan ke sekolah 2. Peserta didik
diarahkan ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan
Pelaksanaan 1. Peserta didik
memilih warna yang mereka mau gunakan 2. Peserta didik
mulai mengikat kaos mereka sesuai kebutuhan motif 3. Peserta didik
memberikan warna pada baju mereka 4. Peserta didik
mengeringkan baju mereka di bawah terik matahari 5. Setelah kering,
Peserta didik menunjukkan hasil akhir baju mereka 6. Aktivitas bisa
ditutup anak saling mencoba baju mereka
Refleksi
oleh pendidik 1. Ada berapa
banyak warna yang digunakan pada tiap baju mereka? 2. Apa jadinya
kalau hanya diperbolehkan menggunakan satu warna yang ditentukan guru? Apakah
masih bahagia?
3. Perpaduan warna
apakah yang menurutmu paling cantik? Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh |
0 komentar:
Posting Komentar