Hari/Tgl : Kamis, 25 Februari 2024 Kelas : I A, I B, dan I C Tema : P5 (Bahagia Menjadi Diri Sendiri) Topik : Menggambar Diriku dan Wajah Asliku Dimensi : Bhineka Tunggal Ika TP : Peserta didik mampu mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri ATP : Mengenal diri sendiri dengan menggambar wajah masing-masing peserta didik Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Tabiik Puunnn... الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu: Menggambar Diriku dan Wajah Asliku Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu: 1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia 2. Berkebhinekaan global 3. Bergotong royong 4. Kreatif 5. Bernalar kritis 6. Mandiri Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah: 1. Gaya hidup berkelanjutan 2. Kearifan Lokal 3. Bhineka Tunggal Ika 4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI 5. Kewirausahaan Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Bahagia Menjadi Diri Sendiri" dan menggunakan penilaian dari elemen Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Alat dan bahan : Kertas HVS dengan gambar orang, Alat tulis/warna Tujuan : Peserta didik mulai mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri Pelaksanaan 1. Pendidik mengawali sesi dengan membagikan kertas yang sudah ada template gambar kepada peserta didik 2. Setiap peserta didik harus menggambar diri mereka masing-masing (Sesuaikan dengan fisik, warna favorit, juga hobi (Misal: tambahkan mik bila suka bernyanyi, gambar rok bila suka memakai rok, atau menambahkan karakteristik suku sesuai suku mereka, dsb) 3. Selain yang disukai, tuliskan juga hal paling tidak disukai 4. Biarkan mereka menggambar dengan riang. 5. Setelah selesai, mintalah setiap siswa bercerita mengenai gambarnya kepada teman temannya. Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh |
0 komentar:
Posting Komentar