Senin, 04 September 2023

Materi PAI Kelas IV B, IV C, dan IV D

       

Hari/Tgl            : Selasa, 5 September 2023
Kelas                 : IV B, IV C, dan IV D
Tema                 : Teladan Mulia Asmaul Husnah
Topik                 : 5 Asmaul Husnah dan artinya
Elemen/CP        : Akidah
TP                      : Peserta didik mampu memahami arti Asmaul Husna Al-Malik, Al-'Aziz, Al-Quddus,
                             As-Salam dan Al-Mu'min
                            Peserta didik mampu menyebutkan dan menghafal Asmaul Husna Al-Malik, Al-'Aziz,                                               Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu'min
ATP                    : Memahami arti Asmaul Husna Al-Malik, Al-'Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan
                              Al-Mu'min
                              Menyebutkan dan menghafal Asmaul Husna Al-Malik, Al-'Aziz, Al-Quddus,
                              As-Salam dan Al-Mu'min dengan baik dan benar                                     
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Pendidikan Agama Islam yaitu:

Teladan Mulia Asmaul Husnah

   Sebelum memulai ke dalam materi pembelajaran, silahkan anak-anak amati tayangan video dibawah ini!


Setelah menyimak tayangan video di atas, sekarang kita tahu apa pengertian dari Asmaul Husnah. Mari simak penjelasan di bawah ini

Pengertian Asmaul Husnah
Sebelumnya kita harus tahu apa itu "Asmaul Husnah". Asma artinya Nama, sedangkan al-Husnah artinya baik. Maka Asmaul Husnah artinya ialah nama-nama Allah yang baik. Jumlah Asmaul Husnah di dalam Al-Qur'an terdapat 99. Sedangkan yang akan kita pelajari pada kesempatan ini hanya 5 Asmaul Husna, diantaranya yaitu :

1. Al-Malik (Maha Raja)
Al-Mālik adalah salah satu nama Allah Swt. yang agung. Al-Mālik berarti Maharaja, Penguasa atas semua makhluk-Nya. Allah Swt. sendiri yang mengatur segala urusan mahkluk, karena hanya Allah Swt. yang Mahakaya dan Pemberi rezeki. Dia yang menguasai serta mengatur kehidupan dan kematian semua makhluk. Allah Swt. memiliki kewenangan mutlak untuk mengatur dan memutuskan kepentingan seluruh makhluk tanpa butuh bantuan, tanpa bisa dihalangi, dan tanpa butuh pendukung.
2.  Al-Aziz (Maha Mulia)
Al-‘Azīz adalah nama yang mencerminkan kemuliaan dan kebesaran zat-Nya. Allah Swt. mempunyai kedudukan yang Mahatinggi. Dia pemilik tunggal segala kemuliaan dan Dia yang memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang dikehendaki. Dengan kehendak-Nya seseorang dapat menjadi mulia dan dengan kehendak-Nya pula seseorang dapat menjadi hina. Kita harus menjaga kemuliaan dan kehormatan dengan cara menaati perintah-Nya dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Maka, sungguh benar bahwa Allah Swt. adalah Al-‘Azīz, Tuhan yang Mahamulia yang tidak membutuhkan sesuatupun dari makhluk-Nya. Tuhan yang Mahatinggi yang tidak satupun makhluk-Nya mampu menggapai ketinggian zat-Nya.
3. Al-Quddus (Maha Suci)
Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya. Allah Swt. terbebas dari segala kekurangan dan cela. Dia berhak atas segala sifat kesempurnaan.
4. As-Salam (Maha Sejahtera)
As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam Asmaulhusna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Swt. pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya. As-Salām juga mencerminkan sebuah kasih sayang dan kedamaian. Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa damai bagi hamba-Nya. Kedamaian adalah simbol kebahagiaan seluruh umat manusia. Nama As-Salām mengajarkan kita untuk selalu menyebarkan kedamaian dan menghindari pertengkaran.
5. Al-Mu'min (Maha Memberi Keamanan)
Al-Mu’min mengandung arti bahwa Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Dialah yang mengayomi dan menyediakan segala fasilitas bagi hamba-hamba-Nya, sehingga mereka dapat hidup tenteram. Karena Allah bersifat demikian, maka kitapun harus berusaha untuk menciptakan keamanan bagi setiap orang di sekeliling kita, seperti keluarga, tetangga dan teman 

Selanjutnya mari kita hafalkan 5 Asmaul Husna beserta artinya berikut ini :
1. Al-Malik (Maha Raja)
2. Al-Aziz (Maha Mulia)
3. Al-Quddus (Maha Suci)
4. As-Salam (Maha Sejahtera)
5. Al-Mu'min (Maha Memberi Keamanan)

Setelah itu silahkan anak-anak membuat salah satu kaligrafi dari dari ke-5 Asmaul Husnah yang sudah kita pelajari tersebut di dalam buku latihan kalian masing-masing!

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

KESIMPULAN :

Berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah tercapai pada KBM pada hari ini, peserta didik sudah mampu untuk memahami makna Asma'ul Husnah, mengetahui arti dari Asma'ul Husnah al-Malik, al-'Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mu'min. Peserta didik juga sudah mampu memahami makna yang terkandung dari ke 5 Asma'ul Husnah tersebut.

DOKUMENTASI :







0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design