Hari/Tgl : Selasa, 26 September 2023
Kelas : IV B, IV C dan IV D
Tema : P5 (Inovasi Olahan Keripik Pisang)
Topik : Observasi (Kunjungan ke Home Industry)
Tema/CP : Kewirausahaan
TP : Peserta didik mampu melaksanakan observasi ke Home Industry
ATP : Menggali informasi berdasarkan hasil observasi ke Home Industry
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...
الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ
Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:
Observasi - Kunjungan ke Home Industry "Askha Jaya"
Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pada tahap kontekstual yaitu melakukan penelitian ke Home Industry "Askha Jaya" penilaian dari elemen Bernalar Kritis, Kreatif, serta Gotong Royong. Untuk pertemuan pertama kita akan membahas Sosialisasi proyek mengenai petani pisang.
List Pertanyaan Peserta Didik dalam Melaksanakan
Kegiatan Observasi di Askha Jaya
1. Apa saja produk
olahan buah pisang yang ada di Askha Jaya?
2. Jenis buah pisang
apa yang digunakan? Dan apa alasannya menggunakan jenis buah pisang tersebut?
3. Berapa lama
ketahanan produk olahan tersebut?
4. Rasa apa yang paling best seller dan banyak
diminati oleh konsumen?
5. Rasa apa yang kurang
diminati oleh konsumen, dan apa alasannya?
6. Bagaimana dengan jadwal operasional di Askha
Jaya, apakah buka setiap hari? dan buka/tutup pukul berapa?
7. Siapa saja target
marketing Askha Jaya, apakah ada dari kalangan usia tertentu
8. Bagaimana proses pemasarannya
setelah dari gudang produksi?
9. Bagaimana cara
pemesanan produk di Askha Jaya, apakah setiap orang yang akan membeli harus
datang langsung ke toko?
10. Apa saja keunggulan atau keunikan dari Askha Jaya
dibandingkan dengan toko oleh-oleh khas Lampung yang lainnya?
Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ
Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
0 komentar:
Posting Komentar