Rabu, 08 Januari 2025

Kamis, 09 Januari 2025 (P5 Kelas II A dan II C)

    

Hari/Tgl            : Kamis, 09 Januari 2025
Kelas                 : I A, I B dan I C
Tema                 : Kearifan Lokal
Topik               : Mengenal Kearifan Lokal
Dimensi             : Kreatif
TP                      : Peserta didik mampu memahami makna kearifan lokal
ATP                    : Memahami makna kearifan lokal dengan baik
Metode               : Tanya Jawab
Media                 : Video Pembelajaran
                                                                              
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Kearifan Lokal dengan materi "Mengenal Kearifan Lokal" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan materi berikut ini: 


A. Makna Kearifan Lokal

        Kearifan lokal adalah pandangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal. Pandangan hidup ini biasanya adalah pandangan hidup yang sudah berurat akar menjadi kepercayaan orang-orang di wilayah tersebut selama puluhan bahkan ratusan tahun. Untuk mempertahankan kearifan lokal tersebut, para orang tua dari generasi sebelumnya, dan lebih tua akan mewariskannya kepada anak-anak mereka dan begitu seterusnya. Mengingat kearifan lokal adalah pemikiran yang sudah lama dan berusia puluhan tahun, maka kearifan lokal yang ada pada suatu daerah jadi begitu melekat dan sulit untuk dipisahkan dari masyarakat yang hidup di wilayah tersebut.

B. Ciri-Ciri Kearifan Lokal

1. Bertahan dari Gempuran Budaya Asing

2. Memiliki Kemampuan Mengakomodasi Budaya yang Berasal dari Luar

3. Mampu Mengintegrasikan Budaya Asing ke Dalam Budaya Asli di Indonesia

4. Mampu Mengendalikan Budaya Asing yang Masuk

5. Memberi Arah pada Perkembangan Budaya di Masyarakat

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Refleksi :

Berdasarkan hasil pembelajaran PAI pada hari Kamis, 09 November 2025 mengenai pembelajaran P5 di kelas II, Alhamdulillah seluruh peserta didik sudah mampu memahami makna kearifan lokal dengan baik sdan benar. Pada saat proses pembelajaran, semua peserta didik sudah bisa menunjukkan ciri-ciri kearifan lokal dengan tepat, sehingga mereka juga mampu untuk menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design