Rabu, 28 Februari 2024

Materi P5 Kelas I A, I B, dan I C

    


  

Hari/Tgl            : Kamis, 29 Februari 2024
Kelas                 : I A, I B, dan I C
Tema                 : P5 (Bahagia Menjadi Diri Sendiri)
Topik                 : Menyusun kelompok dan Mencari Kelompok 
Dimensi             : Bhineka Tunggal Ika 
TP                      : Peserta didik mulai mengenal identitas dan keberagaman teman di kelasnya
ATP                    : Mengenal identitas dan keberagaman teman di kelasnya  berdasarkan suku                                                
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Menyusun Kelompok dan Mencari Kelompok

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan materi "Bahagia Menjadi Diri Sendiri" dan menggunakan penilaian dari elemen Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. 


Pelaksanaan

1. Pendidik harus sudah mengetahui suku siswa maupun yang termuda, tertinggi, berdasarkan hari lahir, bulan lahir, dsb

2. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok yang beragam

3. Setiap kelompok berbaris

4. Setelah siap, pendidik ajukan tantangan pada mereka untuk menyusun sesuai dari yang termuda, tertinggi, berdasarkan hari lahir, bulan lahir, dsb

5. Periksalah setiap kelompok, dan berikan poin pada kelompok yang paling cepat dan paling benar

Pesan Moral

1. Di antara kita ternyata banyak perbedaan, namun banyak pula persamaan.

2. Dengan kekurangan dan kelebihan itulah, kita menjadi saling melengkapi.

3. Walaupun kita berbeda, kita tetap sama-sama manusia. Ciptaan Allah yang Maha kreatif.

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga apa yang Ibu sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kita lanjutkan pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang. Marilah kita tutup dengan mengucapkan lafadz Hamdallah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Akhirul Kalam... Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design