Rabu, 05 Februari 2025

Kamis, 06 Februari 2025 (P5 Kelas II A dan II B)

     

Hari/Tgl            : Kamis, 06 Februari 2025
Kelas                 : II A dan II B
Tema                 : Kearifan Lokal
Topik                 : Permainan Tradisional dan Permainan Modern
Dimensi             : Kreatif
TP                      : Peserta didik mampu membedakan Permainan Tradisional dan Permainan Modern
ATP                    : Membedakan dampak positif dan negatif dari Permainan 
Metode               : Tanya Jawab
Media                 : Video Pembelajaran
                                                                              
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tabiik Puunnn...

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hari ini kita akan memulai materi Penguatan Projek Profil Pancasila yaitu:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya Ibu Guru akan memberitahu terlebih dahulu apa itu Projek Profil Pelajar Pancasila atau yang kita sebut dengan P5. Sebagai mana landasan hukumnya terdapat dalam Kepmendikbud N0. 56/M/2022 yang merupakan suatu kegiatan Kokurikuler pembelajaran di kelas selain dari Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Terdapat 6 dimensi yang ada di dalam P5, diataranya yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri
Dalam pelaksanaan kegiatan P5 di tingkat Sekolah Dasar terdapat beberapa tema yang dapat kita pelajari, diantaranya adalah:
1. Gaya hidup berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI
5. Kewirausahaan
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil tema Kearifan Lokal dengan materi "Mengenal Kearifan Lokal" dan menggunakan penilaian dari dimensi Beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan berakhlak mulia, Kreatif, serta Bernalar Kritis. Untuk pertemuan hari ini perhatikan materi berikut ini: 



Kegiatan Awal

Kegiatan Inti

  • Pendidik mengondisikan peserta didik untuk  siap  menerima  proses pembelajaran.
  • Peserta didik diberi kesempatan melakukan pengamatan mengenai macam permainan di lingkungan sekolah, kemudian menuliskannya di lembar kerja pengamatan.
  • Peserta didik menceritakan keunggulan dari permainan tradisional dan permainan modern yang ada di lingkungan sekolah.
  • Peserta didik diarahkan untuk menemukan contoh permainan tradisional yang menarik yang ada di  lingkungan sekitarnya.
  • Pendidik memberikan Lembar Kerja Siswa mengenai pendapatnya terkait permainan tradisional dan permainan modern.
  • Peserta didik menulis informasi yang didapatkan kemudian beberapa perwakilan peserta didik menyampaikan hasil temuannya.
  • Pendidik memberikan umpan balik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan konsep keberagaman permainan tradisional serta menarik  kesimpulan   dari   materi   yang   telah dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pendidikan Agama Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design